Sukses

SGOT dan SGPT Naik Pada GGK

13 Aug 2015, 10:15 WIB
Wanita, 26 tahun.

pagi dok.. adik saya adalah pasien ggk on HD rutin 2x1 minggu tiap bulan selalu cek lab lengkap, bln lalu juli awal hasil SGOT dan SGOPT normal namun awal bulan ini agustus SGOT dan SGOPT meningkat tinggi sekali. sampai dilakukan test ulang krn kecurigaan thdp hep C dan berikut hasil terbaru : 7 Agustus 2015 Sgot 375 Sgopt 517 anti HCV non reactive 38.280 Jika hasil anti hcv sprti doatas apakah adik suy positif terkena hep C dok? utk klinis nya tdk terlihat kuning (segar dan sehat saja) dan bagaimana langkah selanjutnya mengenai treatment nya? terimakasih byk dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Cuci darah memang menyebabkan seseorang rentan akan penularan berbagai penyakit yang ditransmisikan lewat darah, salah satunya hepatitis C. Terkait penyakit hepatitis C, SGOT dan SGPT dapat meningkat sebelum kadar anti HCV meningkat/reaktif, untuk kemudian bila ada hepatitis C, maka anti HCV akan menetap pada kadar tinggi. Saran kami adalah melakukan pemeriksaan antiHCV ulang, untuk mengonfirmasi. PAda hepatitis C, memang klinis kuning kadang tidak sejelas hepatitis A.

Namun perlu anda ketahui peningkatan enzim hati SGOT dan SGPT dapat disebabkan berbagai hal, tidak hanya akibat hepatitis. Penyakit batu empedu atau adanya penumpukan lemak di hati/liver dapat pula meningkatkan SGOT dan SGPT, sehingga kedua hal tersebut perlu juga dicari sebelum dapat disimpulkan mengenai penyebab peningkatan enzim hati pada adik anda. Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan empedu lengkap serta berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk mengatasi peningkatan enzim hati tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar