Sukses

Terlambat Menstruasi

13 Aug 2015, 10:10 WIB
Wanita, 22 tahun.

pagi dok, sya tlat haid sdh 2 minggu bln kmrn sy haid tgl 21 dan skrg blm haid sma skli pdhl sya mrsa prut dan pinggang skit sprti mw haid tpi mlh kluar kputihan mulu sya cba tespeck tpi negatif truz apakh yg trjadi dok....apa sy hmil tpi d tespeck negatif,,, kmrn krn perut sy skit sya cba untk urut dn ktanya ada bnjolan atau gumpalan gtu sya pkir hmil tpi tespeck negatif mhon bntuannya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Dari tiga siklus yang anda sebutkan, siklus dan lama haid anda masih tergolong normal.

Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

  •  Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)

  •  Stress dan depresi

  •  Sakit kronik

  •  Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

  •  Penurunan berat badan berlebihan

  •  Olahraga berlebihan, misal atlit

  •  Adanya tumor yang melepaskan estrogen

  •  Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

  •  Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb

Namun untuk nyeri perut dan pinggang serta benjolan yang dialami masih memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter kebidanan, karena gejala yang anda rasakan dapat merupakan suatu infeksi pada daerah panggul. Anda perlu mengetahui mengenai warna dan bau dari keputihan yang anda alami, serta adanya demam.

Adanya keterlambatan haid tidak melulu dikaitkan dengan kehamilan. Apakah memang telah terjadi hubungan badan sebelumnya? Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan langsung karena penyebab haid terlambat bisa sangat bermacam-macam.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar