Sukses

Pengobatan Bronkitis

10 Aug 2015, 10:09 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya terkena penyakit bronkhitis, sya suda berobat d.rumah sakit.. tapi penyakitku belum juga sembuh saya ingin saran dokter.. terimahkasi

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Bronkitis adalah suatu kondisi di mana terjadi peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama /bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. Bila keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan, maka dikatakan bronkitis kronik.

Merokok adalah penyebab utama dari bronkitis kronik. Ketika rokok dihisap menuju paru-paru, maka akan mengiritasi jalan napas dan kemudian memproduksi lendiri. Selain merokok, mereka yang seringkali terpapar dengan uap bahan kimiawi, debu atau lainnya, juga dapat terkena bronkitis kronik. Bagaimana dengan lingkungan Anda?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu pernapasan dan mengurangi batuk? Jika Anda merokok, yang terpenting adalah berhenti. Bahan-bahan lain yang dapat mengiritasi jalan napas seperti hairspray, deodoran semprot, dan cat semprot. Selain itu, hindari menghirup udara di lokasi yang berdebu atau mengandung uap kimiawi. 

Dokter umumnya akan memberikan obat bronkodilator, yaitu obat yang berfungsi untuk memperlebar jalan napas sehingga Anda dapat bernafas lebih lega. Obat ini diberikan dalam bentuk inhaler yang dihirup. Selain bronkodilator, untuk mengatasi sesak napas, dapat diberikan obat yang mengandung theophylline ataupun steroid. Semuanya tergantung dengan kondisi Anda. 

Antibiotik hanya diberikan jika terbukti terdapat infeksi pada paru yang terjadi secara bersamaan dengan bronkitis kronik. Jika terdapat infeksi, maka batuk akan lebih berdahak dan disertai dengan lendir yang berwarna kekuningan atau kehijauan, demam dan sesak napas yang semakin berat. 

Selain pengobatan, lakukan olah raga secara teratur 3x/minggu untuk menguatkan otot-otot pernapasan. Olah raga dapat dimulai dengan berjalan selama 20 menit yang kemudian secara bertahap ditingkatkan kecepatan dan waktunya. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai olah raga yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar