Sukses

Hipopigmentasi pada kulit

05 Aug 2015, 11:50 WIB
Pria, 19 tahun.

Penyakit apakah ini, bagaimanakah solusi mengatasinya, di kening saya trdapat seperti kurap, tapi tidak berbau, tdk gatal, dan berwarna putih jika terkena air, kulitnya suka mengelupas, terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). HIpopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  • hipopigmentasi post inflamasi/post peradangan/luka di kulit

  • pitiriasis versikolor / dikenal dengan panu

  • albino

  • lepra

  • pitiriasis alba

  • vitiligo

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. BIla penyebabnya adalah pitiriasi versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Pada hipopigmentasi pasca peradangan, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi / laser. Saya sarankan anda berkonsultasi kembali ke dokter kulit anda untuk evaluasi hasil pengobatan dan untuk mencari penyebabnya. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar