Sukses

Terkena Flek Paru

04 Aug 2015, 21:49 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, saya mau tanya Pacar saya kena flek paru paru. Tapi belom di rontgen sih kena flek apa bukan Tapi gejalanya iya kata RSU setempat. Sudah berobat dari dulu sampai sekarang belom sembuh sembuh. Kira kira, harus diapain lagi ya dok biar bisa sembuh? Terimakasih sebelumnya

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Flek Paru atau Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB yaitu Mycobacterium tuberculosis. Pada masyarakat awam lebih dikenal sebagai penyakit TBC atau Flek paru. Sebagian besar kuman TB menyerang paru, namun dapat juga mengenai organ tubuh lainnya.

Keluhan Pasien datang dengan batuk berdahak ≥ 2 minggu. Batuk disertai dahak, dapat bercampur darah atau batuk darah. Keluhan dapat disertai sesak napas, nyeri dada atau pleuritic chest pain (bila disertai peradangan selubung paru), badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, malaise, berkeringat malam tanpa kegiatan fisik, dan demam meriang lebih dari 1 bulan. Apabila ada keluhan-keluhan ini harus dahulu dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan dahak dan rontgen pada orang dewasa atau pemeriksaan mantoux dan rontgen pada anak. Diperlukan juga pemeriksaan darah pada anak-anak  dan orang dewasa. Jadi untuk menegakkan diganosa diperlukan pemeriksan tambahan juga. 

TB paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Kami sarankan Anda membawa pacar Anda untuk berkonsultasi dengan dokter specialis penyakit dalam. 

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar