Sukses

Melakukan Pemeriksaan Toksoplasma

04 Aug 2015, 17:06 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok istri saya hamil 8 minggu, pada pemeriksaan kedua dokter meminta untuk pemeriksaan tokso. Apakah alasan umum dokter harus mengetahui seseorang harus pemeriksaan tokso apa tidak ?.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

TORCH merupakan suatu kumpulan infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, virus Rubela, Citomegalovirus (CMV), dan Herpes Simpleks Virus (HSV). TORCH yang berada dalam keadaan tidak aktif di dalam tubuh tidak akan menimbulkan keluhan apa-apa pada penderitanya dan tidak akan menular kepada pasangan. Namun, ketika daya tahan tubuh anda menurun, misal saat hamil atau sakit berat, infeksi tersebut dapat menilmbulkan beberapa gejala-gejala tergantung penyebabnya, seperti timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh disertai badan panas (akibat rubela), timbulnya gangguan penglihatan (akibat CMV), timbulnya kumpulan vesikel-vesikel (gelembung) kecil pada kulit yang tampak merah dan sakit (akibat HSV), dll.

Pemeriksaan TORCH saat ini di Indonesia merupakan salah satu pemeriksaan yang disarankan untuk dilakukan sebelum menikah. Bila belum pernah melakukannya saat sebelum menikah, pemeriksaan TORCH dapat dilakukan saat hamil trimester pertama, pemeriksaan ini penting dilakukan pada ibu hamil, bila ternyata saat pemeriksaan ditemukan hasil positif maka dapat dilakukan pengobatan sehingga dapat mencegah adanya cacar janin. Jadi pemeriksaan ini diperlukan untuk uji screening guna memeriksa apakah ada infeksi atau tidak, kalau memang ada perlu dilakukan pengobatan. 

Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan dan kebidanan istri Anda terlebih dahulu. Yang paling penting dilakukan saat hamil adalah pemeriksaan kehamilan / antenatal care (ANC) yang rutin.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar