Sukses

Hamil atau Tidak

03 Aug 2015, 15:28 WIB
Wanita, 22 tahun.

tentang gumpalan darah ini memang terjadi d saar wktu saya haid dan sudah 2 bulan seperti ini. di bulan pertama saya agak telat 2 hari. apakah ini haid normal atau hamil yah dok? saya masih ragu untuk cek ke dokter.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com. 

Keluhan yang Anda alami bisa jadi merupakan darah haid, bisa juga merupakan tanda implantasi atau penempelan janin ke rahim. Sebelum menentukan apakah ini darah implantasi atau haid, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan test pack terlebih dahulu.

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif.

Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Sedangkan beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

1.  Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.

2.  Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan akan membuat tes menjadi positif,misalnya: terlalu lama .

3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif 
seperti:
   - Pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet
   - Obat diuretik dan obat anti Parkinson
   - Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin
   - Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes

4. Tumor

Selain itu Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan   plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopik) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. 

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  mual

  •  perasaan lelah

  •  daerah sekitar puting susu menghitam

  •  peningkatan suhu tubuh

  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Terkait keluhan Anda, jika Anda meragukan hamil atau tidak, Anda bisa melakukan pemeriksaan test pack. Bisa jadi itu merupakan darah haid ataupun bisa juga merupakan tanda implantasi. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan saat ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar