Sukses

Haid saat Hamil?

03 Aug 2015, 15:08 WIB
Wanita, 20 tahun.

Sore dok,maaf sya mau tnya..sya haid stiap bulan tidak teratur dok,dan suka lambat dtg bulan.. sya berhubungan tanggal 10 des 2014 dan ada buang dalam. tapi pda tnggal 19 des sya haid dok dan itu pun tanggal 25 baru slesai haid.. sya berhubungan lgi mlam tahun baru tpi ndak buang di dalam dan tanggal 16 jan 2015 ada buang di dlam lagi..sya ingin tnya dok apa iya msa subur sya tanggal 16..soalnya wktu sya usg tanggal 3 maret 2015 usia kandungan sya bru 8 minggu..sya jdi bingung dok..kok beda ya sma hitungan sya..apa org hamil bisa haid dok..mohon bantuannya ya dok..terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjelaskan mengenai keluhan yang Anda rasakan. Apakah Anda betul mengalami haid ataukah hanya flek2 saja? Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda. Namun, memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

  • Keguguran 

  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (seperti USG kandungan). Kami sarankan Anda untuk mengonsultasikan keluhan Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar mendapatkan pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar