Sukses

Kotoran Kucing dan Toksoplasma

03 Aug 2015, 14:53 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya apakah aman membuang kotoran kucing di wc yang juga kita pakai? Apa bisa hal tersebut menimbulkan penularan toxo? Terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang diagnosis TORCH, yang di dalamnya termasuk infeksi toksoplasma.

TORCH merupakan suatu kumpulan infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii, virus Rubela, Citomegalovirus (CMV), dan Herpes Simpleks Virus (HSV). TORCH yang berada dalam keadaan tidak aktif di dalam tubuh tidak akan menimbulkan keluhan apa-apa pada penderitanya dan tidak akan menular kepada pasangan. Namun, ketika daya tahan tubuh anda menurun, misal saat hamil atau sakit berat, infeksi tersebut dapat menimbulkan beberapa gejala-gejala tergantung penyebabnya, seperti timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh disertai badan panas (akibat rubela), timbulnya gangguan penglihatan (akibat CMV), timbulnya kumpulan vesikel-vesikel (gelembung) kecil pada kulit yang tampak merah dan sakit (akibat HSV), dll. Saat sedang kambuh dan menimbulkan gejala-gejala tersebut, virus rubela, CMV dan herpes dapat ditularkan kepada pasangan melalui hubungan seksual, air liur, lewat udara, kontak fisik, dll. 

Sebagian besar orang terkena infeksi toksoplasma dari makan daging yang terinfeksi atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi kotoran kucing atau anak kucing yang mengandung mikroorganisme ini. Pencegahan penyakit ini terutama berpusat pada usaha menghindari kontak dengan daging yang mentah/terkontaminasi dan kontak dengan kucing/kotoran kucing. Jadi sebetulnya dengan Anda melakukan kontak dengan kotoran kucing saja, Anda juga dapat berisiko tertular toksoplasma. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar