Sukses

Haid Tidak Teratur dan Pil KB

13 Aug 2015, 19:38 WIB
Wanita, 25 tahun.

dokter, saya mau tanya. saya berhubungan tgl 27juni dan muncul haid keesokan harinya. tgl 19-21juli saya muncul flek dan tidak yakin itu haid karna terlalu singkat. tgl 13 dan 21 juli saya berhubungan kembali dan tgl 2 agustus flek lg. pdhl tgl 22 dan 30 juli saya test pack dan selalu negatif. bulan juni saya haid 2x. sbg pasutri muda yg blm ingin punya anak, kami pakai kondom dan pil kb (sejak juni) sbg kontrasepsi. apakah ketidakteraturan haid saya hanya efek dr pil kb? perlukah saya pergi ke dokter? terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, spiral maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim.

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Biasanya dalam kurun waktu 5 hingga 7 bulan siklus menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus.

Terdapat kemungkinan siklus haid yang Anda miliki saat ini disebabkan oleh proses adaptasi setelah mulai mengkonsumsi pil KB. Namun jika keluhan dirasakan sangat menganggu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri langsung ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk USG kandungan (jika diperlukan) akan memperjelas ada tidaknya gangguan pada organ reproduksi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar