Sukses

Otitis Media Akut
07 Aug 2015, 14:37 WIB
Pria, 25 tahun.

ass, maaf dok..obat tuk telinga sakit ( OMA ) apa? telinga dengung berair bau, bengkak

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Otitis Media Akut adalah peradangan pada telinga tengah yang bersifat akut atau tiba-tiba. Telinga tengah adalah organ yang memiliki penghalang yang biasanya dalam keadaan steril. Tetapi pada suatu keadaan jika terdapat infeksi bakteri pada nasofaring  dan faring, secara alamiah terdapat mekanisme pencegahan penjalaran bakteri memasuki telinga tengah oleh ezim pelindung dan bulu-bulu halus yang dimiliki oleh saluran tuba eustachii.

Pada gambar diatas anda dapat melihat Eustachian tube atau saluran tuba menghubungkan antara telinga tengah dengan bagian nasofaring (salah satu bagian dari tenggorokan). Karena ada saluran tuba tersebut maka memudahkan terjadinya penyebaran infeksi dari saluran pernapasan atas ke telinga tengah.

Otitis media akut ini terjadi akibat tidak berfungsinya sistim pelindung tersebut, sumbatan atau peradangan pada  saluran tuba eustachii merupakan faktor utama terjadinya otitis media. Pada anak-anak, semakin seringnya terserang infeksi saluran pernafasan atas, kemungkinan terjadi otitis media akut juga semakin sering.

Jadi pencegahan terbaik untuk OMA adalah mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan atas. Apabila sudah terdapat tanda-tanda ISPA maka segeralah berobat ke dokter agar tidak berlanjut menjadi OMA sebagai komplikasinya.

Penatalaksanaan Otitis Media Akut sangat bergantung pada stadiumnya, pada stadium oklusi pengobatan bertujuan untuk melebarkan kembali saluran eustachius, dengan pemberian obat tetes hidung berupa dekongestan, selain itu sumber infeksi harus segera diobati. Pada stadium hiperemis dapat diberikan antibiotik, anti peradangan, dan anti nyeri. Pemilihan antibiotik lebih ditargetkan pada kuman-kuman yang sering menjadi penyebab. Pada stadium supurasi disamping pemberian antibiotik dapat dilakukan miringotomi yakni tindakan perobekan pada sebagian kecil membran timpani sehingga cairan yang kental dapat keluar sedikit-sedikit dan tidak menimbulkan lubang yang besar, sehingga membrane timpani tidak dapat menyembuh. Pada stadium perforasi dapat diberikan obat cuci telinga, dan antibiotik yang adekuat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar