Sukses

Gigi Seri Tidak Tumbuh

03 Aug 2015, 17:10 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, knp ya gigi bagian bawah saya cuma tumbuh 2 gigi seri? selanjutnya langsung dihimpit dengan 2 gigi taring. Sehingga menyisakan 2 ruang kosong pada sebelah gigi taring kanan dan gigi taring kiri saya. Bisa dokter jelaskan mengapa hal tsb terjadi? Lalu faktor apa saja yang menyebabkan hal tsb?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi yang dialami. Tidak tumbuhnya gigi seri atau insisif 2 pada rahang bawah Anda dapat disebabkan oleh karena tidak terdapatnya benih gigi tersebut yang dikenal dengan istilah hipodontia. Pada hypodontia, gigi-gigi yang paling sering tidak terbentuk adalah gigi premolar dua rahang bawah, insisif dua rahang atas, dan premolar dua rahang atas. Kelainan ini dapat terjadi hanya pada satu sisi rahang atau keduanya.

Pada kasus hypodontia, pemeriksaan radiografik panoramik berguna untuk melihat benih gigi mana saja yang tidak terbentuk. Lakukan konsultasi dengan dokter gigi sedini mungkin bila terdapat kecurigaan terjadinya kelainan ini. Perawatan yang biasanya diberikan oleh dokter gigi adalah pembuatan gigi tiruan.

Hypodontia kadang ditemukan sebagai bagian dari suatu sindroma, yaitu kelainan yang disertai dengan berbagai gejala yang timbul secara bersamaan, misalnya pada sindroma Ectodermal dysplasia. Hypodontia dapat timbul pada seseorang tanpa ada riwayat kelainan pada generasi keluarga sebelumnya, tapi bisa juga merupakan kelainan yang diturunkan.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar