Sukses

Jumlah Kolesterol Bagian Tubuh Ayam

26 Sep 2015, 13:39 WIB
Pria, 52 tahun.

apakah ada hubungan sering makan ceker ayam dengan koleterol tinggi terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Jeroan ayam merupakan bagian yang paling berlemak. Kemudian diikuti oleh paha atau daging kaki lalu daging dada. Daging dada, disebut juga daging putih merupakan bagian yang paling ramping karena fungsinya sedikit. Sedangkan jeroan dan paha, yang disebut sebagai daging gelap, adalah bagian tubuh ayam yang melakukan lebih banyak aktivitas sehingga memerlukan lebih banyak lemak dan senyawa pembawa oksigen. Karena itulah, paha dan jeroan sangat berlemak. Sebuah paha dengan berat 2 ons mengandung sekitar 5 gram lemak dan 110 kalori. Sementara 1 ons hati yang merupakan jeroan favorit dari ayam mengandung 2 gram lemak dan 50 kalori saat telah dimasak.

Selain paha dan jeroan, kulit dan brutu atau ekor ayam juga merupakan bagian yang tinggi lemak. Kedua bagian yang disukai karena rasa gurihnya ini sebaiknya tidak ikut dikonsumsi. Bayangkan, bagian kulit dan ekor ayam memiliki kandungan lemak sampai dengan 30% dari ayam utuh! Daging ayam yang dikuliti terlebih dahulu sebelum diolah menjadi masakan akan lebih rendah lemak dan kalori.

Di samping itu, cara memasak juga mempengaruhi tingginya lemak dan kalori dalam daging ayam. Memanggang dan menggoreng dapat sangat meningkatkan lemak dan kalori. Memasak daging ayam dengan cara direbus dalam kaldu dapat sedikit mengurangi lemak dan kalorinya.             

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar