Sukses

Belum Menstruasi Setelah Melahirkan Anak Pertama

26 Sep 2015, 13:46 WIB
Wanita, 33 tahun.

dear Dokter, Saya belum mengalami menstruasi sejak melahirkan anak pertama pada tanggal 14 Januari 2015. apakah ini berbahaya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Menstruasi setelah melahirkan pada setiap wanita berbeda-beda, bahkan dari kelahiran pertama dan berikutnya-pun juga bisa berbeda. Hal apa saja yang mempengaruhi, berikut ini rangkuman yang telah bisa disimpulkan oleh penulis dari beberapa sumber yang relevan.

Hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh WHO, durasi rentang waktu menstruasi setelah melahirkan umumnya bervariasi antara 4 sampai 10 bulan, namun ada juga yang mencapai 15 – 18 bulan setelah melahirkan.

Durasi menstruasi setelah melahirkan bisa mencapai 18-24 bulan pasca melahirkan jika Ibu menyusui ASI dengan sangat ekslusif sekali. Oleh sebab itu, menyusui ASI bisa menjadi KB alami bagi wanita.

Hal utama yang mempengaruhi durasi datangnya menstruasi setelah melahirkan ini adalah hormon progesteron dan hormon prolaktin. Sedangkan faktor utama penyebab gangguan menstruasi adalah ketidak-seimbangan hormon

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar