Sukses

Tidak Ada Cairan Sperma Yang Keluar

10 Feb 2016, 21:29 WIB
Wanita, 37 tahun.

siang dok, saya sdh menikah 7 th dan blm dikaruini anak, kendala pada suami tidak ada cairan sperma (kosong) tapi dpt merasakan ejakulasi. sdh cek k lab ternyata hasil LH, FSH & testosteron dibawah normal sekitar 0,07. padahal dulunya ada cairan sperma dan skrg tidak ada sama sekali. apakah dpt disembuhkan untuk case suami saya? dan apa penyebabnya? bbrp thn yg lalu suami mendpt musibah kecelakaan sepeda motor dan sempat operasi disekitar kepala, dan mendapatkan obat2an. setelah sembuh dari operasi bulu disekitar kemaluan,ketiak dan kaki tidak tumbuh lagi. apakah ada pengaruh dari obat terdahulu yg diberikan? besar harapan saya & suami untuk sembuh dan mempunyai momongan. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Ketiadaan sperma dalam cairan ejakulat dalam bahasa medis disebut azoospernia. Sekitar 10-15% kasus infertilitas pada pria disebabkan oleh keadaan ini. Namun perlu diketahui bahwa azoospermia tidak serta-merta disebabkan oleh kurangnya produksi sperma, akan tetapi dapat juga disebabkan oleh sumbatan pada saluran sperma yang menyebabkan gangguan pada transportasinya.

Laki-laki dengan azoospermia yang disebabkan oleh sumbatan saluran sperma hanya memiliki dua pilihan terapi agar dapat memiliki keturunan, yaitu dengan operasi agar dapat membuahi secara alami, atau dengan bantuan alat (in vitro fertilization/intracytoplasmic sperm injection). Pembuahan yang dibantu dilakukan di luar tubuh perempuan.

Bagaimanapun, yang terpenting saat ini adalah dengan mengonsultasikan pasangan Anda ke dokter spesialis andrologi, agar dapat diketahui penyebab azoospermia yang pasngan Anda alami baru dapat ditentukan terapi yang sesuai.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar