Sukses

Benjolan Kecil Seperti Jerawat Di vagina

10 Feb 2016, 21:12 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, di bagian kewanitaan saya timbul benjolan kecil seperti jerawat. Dia timbul setiap kali saya sedang haid, tapi di hari ke 4/5. Saya sudah periksa ke puskesmas bahkan ke spesialis kandungan, katanya itu hanya karena penyebab bakteri dan lembab. Tapi kenapa muncul lagi terus menerus yah? Dan hilanngnya lama banget. Saya sangat tidak nyaman dok, kenapa yah dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah bintil yang Anda katakan sebagai "jerawat" itu terasa nyeri? Apakah bintil tersebut berada di dalam vagina atau di bibir vagina? Mohon maaf, kami tidak dapat memberikan diagnosis pasti tanpa wawancara medis dan pemeriksan fisik secara langsung. Jerawat di vagina dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yaitu bisul atau kutil kelamin (Condyloma accuminata).

Kondiloma akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam. 

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat, maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun dapat kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. 

Kondiloma akuminata dapat ditularkan lewat hubungan seksual, ataupun cebok dengan air yang tercemar.  Kami sarankan Anda untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit kelamin untuk mendapatkan evaluasi dan tatalaksana yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar