Sukses

Buah Zakar dan Kemandulan

31 Jul 2015, 00:14 WIB
Pria, 21 tahun.

pagi dok ukuran buah zakar saya kecil dokter, apakah berpengaruh terhadap kesuburan sedangkan umur saya sudah 22 tahun? adapun berpengaruh bagaimana solusinya, dan alat kelamin saya pun kecil apakah bisa di normalkan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebenarnya belum ada ukuran baku untuk menentukan penis Anda termasuk kecil atau tidak karena data yang minim untuk populasi orang Indonesia. Panjang penis yang normal adalah 7,6 - 10,2 cm (saat lemas) dan 12,7 - 17,8 cm (saat ereksi). Penis dianggap kecil (abnormal) jika panjangnya kurang dari 7,6 cm saat mengalami ereksi (mikropenis).

Ukuran penis kecil yang dalam dunia medis disebut dengan mikropenis dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Beberapa diantaranya;  gangguan hormon pertumbuhan,gangguan genetik, dan pengaruh nutrisi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ukuran penis bukanlah vonis mutlak kemandulan dan kepuasan pasangan. 

Ukuran penis bukanlah suatu hal yang dapat menentukan kepuasan saat berhubungan seksual maupun kesuburan seorang pria. Selama penis masih berfungsi dengan baik, dalam arti masih dapat menyalurkan sperma, maka tidak ada pengaruhnya dalam lama/tidaknya mendapatkan keturunan. 

Hal yang dapat Anda lakukan jika keluhan Anda berlanjut:

Hal yang Anda Lakukan Jika Keluhan Berlanjut:

Jika keluhan Anda dirasakan semakin menganggu Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis Andrologi untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. 

Anda dapat membaca mengenai mikropenis dari koleksi artikel kami dengan mengklik judul berikut: 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar