Sukses

Penanganan GERD

10 Feb 2016, 12:20 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat Pagi Dokter,Saya mengalami sakit pada perut kanan atas sampe ke belakang punggung, rasanya sakit sekali di perut kanan atas.. sampe tidak bs napas karna rasanya nyelekit seperti kontraksi.makin menjadi saat malam.sy batuk2 sudah 1 bulan bayuk kering.punya riwayat maag .tidak mual tdk muntah.sy baca artikel GERD sepertinya cocok dgn sy. Apa sy perlu dirawat dok? Sy hrs konsul ke dokter internis atau THT? Mohon bantuannya. Terima kasih banyak dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama, kondisi anda perlu terlebih dahulu dipastikan dengan melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis penyakit dalam. Bila benar terdiagnosa GERD, maka dapat diberikan obat lambung yang dikonsumsi paling tidak 4 minggu, kemudian dilakukan evaluasi keberhasilan pengobtan.

Selain pengobatan, Yang utama dan terpenting adalah perubahan gaya hidup:

  • Obesitas dan kelebihan berat badan meningkatkan GERD. Penurunan berat badan dapat mengurangi gejala GERD

  • Berhenti merokok

  • Hindari stres

  • Pasien yang dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Makanan terakhir hari harus diambil minimal 4 jam sebelum tidur. Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk gejala GERD.

  • Hindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung seperti alkohol, kopi, cokelat, asam, makanan berlemak atau pedas.

  • Hindari pakaian ketat terutama di sekitar perut.

  • Meniinggikan ujung kepala saat tidur sekitar 20 cm dengan menempatkan irisan atau blok di bawah bantal akan membantu untuk mengurangi gejala GERD.

  • Hindari penggunaan obat-obat yang dapat meningkatkan risiko GERD, seperti obat-obat antinyeri/NSAID (ibuprofen, asam mefenamat, dll), nitrat, antikolinergik, antidepresan trisiklik.

Lakukan pengobatan secara teratur dan lakukan saran-saran di atas untuk mengurangi gejala GERD. Jika ada keluhan yang memburuk dan memerlukan perawatan, kami menganjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis Penyakit Dalam. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar