Sukses

Dampak Mengonsumsi Udang & Vitamin C Berbarengan

30 Jul 2015, 12:58 WIB
Wanita, 18 tahun.

Pagi, saya mau tanya dok, banyak issue mengatakan bahwa makan udang berbarengann dng vit c dapat menyebabkan keracunan arsenik. tp ada situs yg mengatakan bahwa itu sama sekali tidak benar. bisa tolong dijelakskan? Lalu saya mau tanya, apa di umur saya masih bisa bertumbuh tinggi? Cara menghilangkan bekas jerawat merah2 gimana ya dok? apa ada obat khusus? Sebelumnya Terima Kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Mengonsumsi udang dan vitamin C dalam waktu berdekatan dapat menimbulkan kematian akibat dari terbentuknya zat kimia arsenic trioxide merupakan berita yang tersebar di dunia maya pada bulan Mei tahun 2001 yang memang menjadi banyak pertanyaan terutama mengenai kebenaran dari berita tersebut.

Keracunan akibat mengonsumsi udang dan vitamin C dalam waktu berdekatan tidaklah benar. Arsenik merupakan bahan kimia yang terdapat secara alami dari hasil sampingan berbagai aktivitas manusia. Udang dan vitamin C sendiri tidak memiliki proses kimiawi yang jelas. Penelitian mengenai kasus ini pun belum ada yang resmi. Secara kimiawi, tidak mungkin udang dan vitamin C memiliki reaksi seperti itu. Seandainya ada, seharusnya jenazah korban diautopsi sehingga diketahui penyebab pasti kematian dan terdapat laporan resmi yang dipublikasikan.

Kemungkinan dampak pencemaran laut yang berpengaruh terhadap udang dapat terjadi. Namun efek keracunan tersebut tidak bersifat langsung dan akut. Sejauh ini belum ada penelitian lanjutan dari pihak yang dapat dipercaya. Ada baiknya tidak langsung mempercayai suatu informasi yang belum diketahui kebenarannya terutama dari suatu email 'hoax' seperti itu.

Konsumsi susu dan vitamin C sendiri pun sampai saat ini belum terdapat suatu penelitian atau laporan kasus yang menyatakan bahwa hal tersebut berbahaya. Janganlah menjadikan vitamin C sebagai suatu kewaspadaan apabila dikonsumsi dengan makanan lain. Vitamin C sendiri dianjurkan dikonsumsi setelah makan guna menghindari keluhan pencernaan yang dapat terjadi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar