Sukses

Penanganan Luka Bernanah

30 Jul 2015, 10:26 WIB
Pria, 22 tahun.

bagaimana cara menyembuhkan luka bernanah?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Keluhan yang Anda alami kemungkinan luka telah mengalami infeksi. Untuk menangani keluhan tersebut sebenarnya memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk menentukan antara lain apakah nanah harus dikeluarkan atau tidak, apakah luka kecil atau cukup besar, apabila harus dikeluarkan apakah sisa luka harus dijahit atau dapat menutup sendiri. 

Infeksi pada kulit apabila sudah menimbulkan demam terdapat beberapa kemungkinan diagnosis, dalam dunia medis kami menyebutnya dengan erisipelas, selulitis, dan flegmon tergantung kedalaman infeksi. 

Apabila tidak menunjukkan perbaikan dengan amoxicillin, dapat digunakan golongan antibiotika jenis lain seperti clindamicin. Untuk penurun demam dapat digunakan paracetamol 3x sehari, apabila nyeri belum berkurang dapat diberikan asam mefenamat sebagai pengurang rasa nyeri. Pemberian antibiotika oles juga membantu penyembuhan, seperti golongan asam fusidat 2%. Menjaga kebersihan luka juga sangat penting untuk penyembuhan. Penggunaan antibiotik harus dengan rekomendasi dokter untuk menyesuaikan dosis yang akan diberikan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar