Sukses

Cara Menghilangkan Keloid

09 Feb 2016, 20:47 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dokter bulan november saya kecelakaan motor,dan luka diwajah saya parah.sekarang ad luka diatas bibir semacam keloid dan membuat bibir saya tidak simetris.bulan lalu saya operasi tpi keloid belum sepenuhmya hilang dan bibir saya jga masih tetap tdak simetris.saran dokter untuk operasi ulang tp saya blum operasi lagi karna msalah biaya dan saya tidak yakin bisa hilang.adakah saran dokter bagaimana cara menghilangkan keloid dwajah. saya bener2 tdak pede dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 

Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. 

Bentuknya kenyal, mengkilat, dan dapat bervariasi dalam warna seperti merah jambu, merah daging, dan coklat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, dan biasanya terdapat gejala gatal, nyeri tajam, dan perubahan bentuk. Pada kasus yang parah, dapat menghambat pergerakan dari kulit.

Tidak banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terbentuknya bekas luka yang tidak diinginkan seperti keloid. Beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati keloid adalah penggunaan salep, suntikan steroid, laser, dan operasi.

Apabila Anda menginginkan hasil yang cepat dapat dilakukan operasi pengangkatan secara bedah ataupun laser. Suntikan dengan menggunakan steroid harus dilakukan beberapa kali. Sebaiknya didiskusikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel mengenai KELOID.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar