Sukses

IUD Bergeser

28 Jul 2015, 16:34 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter saya saat ini menggunakan kb iud sudah sekitar 9 bulan, keluhan saya selama ini hanya flek namun tidak menganggu karena tidak berlangasung lama tapi baru2 ini suami saya mengeluhkan tidak nyaman pada saat kami berhubungan, katanya seperti ada benang. Apakah itu hal yang biasa dok? Karena selama ini suami saya tidak pernah mengeluhkan hal tsb. apakah itu tandanya iud akan terlepas?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Apakah Anda sudah pernah melakukan kontrol ke dokter selama setelah dipasang IUD ? Apabila belum, maka inilah saatnya Anda mengecek ke dokter untuk melihat posisi IUD Anda. Apakah suami Anda pernah mengeluh seperti ada yang menusuk atau mengganjal saat berhubungan seksual dengan Anda? Apabila iya kemungkinan posisi IUD Anda turun dari posisi sebelumnya sehingga perlu diperbaiki. Posisi IUD yang kurang benar, dapat menimbulkan iritasi pada permukaan organ intim. 

Apabila Anda tidak mengalami perdarahan atau haid yang memanjang atau keluhan lain yang mengganggu setelah pemasangan IUD, penggunaan kontrasepsi jenis IUD dapat dilanjutkan. Namun posisi IUD memang sering tidak pas sehingga harus dibenarkan ulang posisinya. Gejala posisi yang tidak benar ditandai dengan keluhan mengganjal atau menusuk ketika berhubungan seksual dan keluar flek. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar