Sukses

Gejala Sinusitis

08 Feb 2016, 18:29 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat pagi dok..dok sdah 2hri ni kpala bgian kiri sya skit di alis mata sblh kiri rasany seprti ditusuk paku rahang sblh kiri dibagian geraham atas dan bawah terasa ngilu dan sakit hidung pun sakit dok..kalau nunduk rasany sakit sekali dok tapi hidung saya sdah tdk tersumbat lgi malahan telinga sblah kiri saya terasa berdengung . sya sblumnya terkena sinus dihidung sblah kanan dok tetapi sdah sembuh.lalu skrng dibagian sblh kiri terasa sakit dok.sy terapi ktanya darah putih naik ke mata ? apa benar dok ? trimakasi dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tidak ada istilah 'darah putih naik ke mata' yang dikenal dalam dunia kedokteran.

Berdasarkan gejala yang anda paparkan, kami menduga yang anda alami adalah gejala penyakit sinusitis. Namun, untuk memastikannya, tentunya perlu anda periksakan langsung kepada dokter spesialis THT.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan sinusitis di antaranya adalah infeksi saluran napas dan infeksi gigi (terutama bagian atas). Sedangkan pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala tersebut di antaranya adalah antihistamin dan steroid. Anda harus menghindari faktor pencetus alergi tersebut agar sinusitis tidak kambuh lagi. Untuk itu, faktor tersebut harus dikenali terlebih dahulu. Alergi dapat dicetuskan oleh debu, udara dingin, asap rokok, dan lain-lain. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar