Sukses

Kontrasepsi Alami

31 Jul 2015, 00:46 WIB
Pria, 27 tahun.

dok, istri saya terikat kontrak kerja sehingga mengharuskannya tidak boleh hamil dulu selama kurang lebih setahun. namun dalam kehidupan seks kami tidak menyukai menggunakan kondom. serta istri saya juga tidak mau menggunakan pil atau suntik kb sebelum memiliki anak. istri saya menginginkan saya bisa ejakulasi di dalam vaginanya, saya pun menginginkan itu. kira2 apa saya bisa ejakulasi di dalam vagina istri saya tanpa menyebabkan dia hamil? jika iya, saya mohon sarannya. saya dengar ada KB kalender. namun saya tetap masih ragu untuk berejakulasi di dalam vagina istri saya. mohon sarannya dok. saya dan istri saya menginginkan hal itu dalm berhubungan seksual

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghindari kehamilan adalah dengan menggunakan metode ritmik. Metode Ritmik adalah metode dimana pasangan suami istri menghindari berhubungan seksual pada saat siklus subur seorang wanita.

Ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) terjadi 14 hari ± 2 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Sel telur yang telah dilepaskan hanya bertahan hidup selama 24 jam, namun sperma bisa bertahanselama 48 jam setelah melakukan hubungan seksual.

Karena itu pembuahan dapat terjadi apabila hubungan seksual dilakukan 2 hari (48 jam) sebelum ovulasi dan 1 hari (24 jam) setelah ovulasi.

Metode ritmik kalender atau Pantang Berkala

Merupakan metode dimana pasangan menghindari berhubungan seksual selama periode subur wanita berdasarkan panjang siklus menstruasi, kemungkinan waktu ovulasi, jangka waktu sel telur masih dapat dibuahi, dan kemampuan sperma untuk bertahan di saluran reproduksi wanita.

Periode subur seorang wanita dihitung dari : (siklus menstruasi terpendek – 18) dan (siklus menstruasi terpanjang -  11). Siklus menstruasi dicatat selama minimal 3 bulan terakhir, akan lebih baik bila dalam  6 bulan terakhir.

Namun cara ini memiliki tingkat kegagalan yang cukup tinggi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar