Sukses

Infeksi Jamur Pada Jari Kaki

08 Feb 2016, 18:02 WIB
Pria, 29 tahun.

Kulit kaki bagian atas sebelum mencapai kuku kaki, tepat pada buku jari kaki sering muncul kulit mati (mungkin jamur) yang tidak kunjung sembuh. saya mengalami ini sudah labih dari 4-5 tahun dok. kalau setiap tumbuh kulit keras itu saya poyong pakai penjepit kuku. tapi 3-5 hati muncul lagi sehingga kelihatan seperti luka tapi tidak sakit dan terasa kalau di potong lagi. cuma tiga jari kaki kaki yang mengalami itu. sementara pada jari ibu dan kelingking kaki tidak mengalami itu dok. Selama ini saya cuma menggunakan salep 88 yang di rekomendasikan oleh apoteker. Bagaimana cara menyembuhkanya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Agar dapat sembuh, maka perlu terlebih dahulu dipastikan penyebab lesi kulit yang anda alami. Dan, untuk memastikannya, maka perlu dilaukan pemeriksaan secara langsung dan mungkin juga dibutuhkan pemeriksaan penunjang lainnya. Jika sudah dapat dipastikan penyebabnya, barulah terapi yang optimal dapat diberikan. Untuk itu, sebaiknya anda tidak mencoba mengobati diri sendiri dengan memberikan obat tanpa pengawsan dan saran dokter, jika tidak ingin terjadi perburukan pada lesi kulit tsb akibat kesalahan dalam pemakaian obat. Kami anjurkan sebaiknya lesi kulit tsb terlebih dahulu anda periksakan kepada dokter spKK.

Jika memang disebabkan oleh jamur, Infeksi Jamur Pada Kaki dikenal dengan sebutan Tinea Pedis, penyakit ini memang agak sulit dan lama disembuhkan. Anda juga harus benar-benar disiplin untuk menghindari faktor pencetus seperti kelembapan.

Hindari menggunakan sepatu tertutup rapat, hindari aktivitas yang berlebihan sehingga tidak menimbulkan keringat terutama di kaki, dan jagalah kaki selalu dalam kering. Bersihkan kaki sebersih dan sekering mungkin. Anda perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan jamur yang tepat karena penyakit jamur biasanya sulit untuk diatasi. Oleskan salep anti jamur secara teratur, kadang Dokter juga memberikan obat minum. Jangan bosan untuk mengobati karena butuh waktu agak lama, dan tergantung kepatuhan Anda untuk merawat kaki Anda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar