Sukses

Benjolan Di Vagina Bagian Dalam

07 Feb 2016, 12:35 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat siang dok...saya mau tanya...apakah jahitan ex melahirkan kurleb 4 tahun masih bisa terasa sakit? Lalu bila menimbulkan benjolan di vagina bagian dalam lalu dapat teraba, tapi tidak menimbulkan sakit itu tidak apa apa?? Apa melahirkan secara normal bisa mengakibatkan wasir?? Bagaimana mengatasi nya? Apakah obat"an ketika wasir dapat mempengaruhi program hamil?? Tq

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu seberapa besar benjolan tersebut? Apakah benjolan tersebut lunak, kenyal, atau keras?

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina:

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin.

Untuk mengetahui dengan pasti penyebab benjolan di vagina yang Anda alami, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar