Sukses

Bekas Jahitan operasi Berdarah

07 Feb 2016, 12:24 WIB
Wanita, 0 tahun.

Selamat Siang Dok. 2 hari yang lalu saya melakukan oprasi bedah angkat tahi lalat di klinik dokter dokter bedah plastik di Makassar. setelah 1 hari pasca oprasi, ssya lihat jahitan hasil bedah saya ternyata berdarah, saya belum ke dokter karna jadwal check up saya 2 hari setelah oprasi dilakukan. yang ingin saya tanyakan, apakah tidak apa-apa jika dibiarkan berdarah seperti itu?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya perlu dijelaskan juga, seberapa luas area bekas operasi tsb? berapa jahitan yang anda dapatkan? apakah terdapat jahitan yang terlepas? seberapa banyak darah yang keluar? apakah terus mengalir dan tdk berhenti? apakah disertai keluar nanah?

Apabila darah yang keluar tidak banyak, dapat berhenti sendiri, dan tidak berbau atau disertai nanah (tanda infeksi), maka anda tidak perlu khawatir. Jaga bekas luka agar tidak basah terkena air, dan kurangi pergerakan pada area tersebt karena dapat memicu terbukanya kembali luka yang sudah mengering sehingga kembali berdarah. Kemudian lakukan kontrol luka kepada dokter anda sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Namun, bila darah yang keluar dalam jumlah banyak, tidak dapat berhenti dan darah pada kasa penutup luka semakin luas atau disertai tanda infeksi, maka anda tidak perlu menunggu jadwal kontrol. Segera periksakan bekas operasi anda kepada dokter agar dapat dilakukan evaluasi untuk mencari penyebab perdarahan tsb.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar