Sukses

Tortikolis, Bisakah Disembuhkan?
07 Feb 2016, 10:21 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok sy perempuan 22thn pengidap tortikolis.Sepertinya penyebabnya adl karena cedera persalinan krna posisi sungsang. Apakah sama sekali tdk bisa disembuhkan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, perlu kami tanyakan sebelumnya, apakah kondisi tortikolis ini sudah dipastikan melalui pemeriksaan kesehatan oleh dokter Anda, atau baru dugaan anda saja?

Torticollis atau dikenal di masyarakat sebagai kaku leher (torticollis, loxia, wryneck, tengleng, tengeng). Gejala utama dari torticolllis adalah kepala miring ke satu sisi, dan kepala memutar ke sisi lain.

Selain beresiko mengalami gangguan tumbuh kembang, tortikolis juga sangat mungkin mempengaruhi psikologis penderita. Oleh karena itu penting sekali mendiagnosis serta melakukan terapi sejak dini, karena akan mempengaruhi hasil akhir terapi.

Kondisi torticolis umumnya telah diketahui sejak bayi. Umumnya, yaang dapat dilakukan untuk menangani kondisi ini adalah:

  • Segera membawa anak ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya tortikolis serta kelainan lain yang menyertai. Selain pemeriksaan fisik, dokter mungkin menyarankan pemeriksaan rontgen dan USG.
  • Fisioterapi rutin SEDINI MUNGKIN. Tortikolis bawaan yang disebabkan murni karena otot harus difisioterapi, idealnya pada saat bayi masih berusia dibawah 3 bulan. Torticollis umumnya dapat diobati melalui latihan yang meregangkan leher dan menoleh ke sisi yang berlawanan. Terapi biasanya membutuhkan waktu selama 4-6 bulan dan hampir 90% berhasil. Bayi yang lebih tua membutuhkan waktu yang lebih lama dan prosesnya lebih sulit. Terapi pada bayi di atas 1 tahun biasanya cukup sulit karena bisa dikatakan terlambat dan mungkin memerlukan tindakan operasi(+- 10% kasus).
  • Menempatkan mainan pada sisi di mana bayi harus memutar kepala atau berpaling ke sisi yang berlawanan  untuk mengalihkan perhatian ke arah mainan ataupun meraih mainan tersebut.
  • Meletakkan bayi di kasur dimana sisi yang sakit menghadap ke dinding, sehingga bayi harus  memutar kepalanya untuk melihat ke arah luar kasur.

Namun, diusia anda yang mengjinjak dekade kedua, dan jika benar yang anda alami adalah tortikolis, maka akan sulit untuk mendapatkan kesembuhan yang sempurna. Untuk itu, segeralah melakukan pemeriksaan medis kepada dokter dikota Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar