Sukses

Minum Suplemen Peninggi Badan

07 Feb 2016, 10:52 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok saya mau tanya, kl pertumbuhan itu akan berhenti pada umur berapa ya? kl untuk perempuan lalu untuk mengoptimalkan pertumbuhan itu saya harus memakan/meminum dan melakukan olahraga apa agar tinggi badan saya optimal? lalu boleh nggak kl misalnya saya minum suplemen peninggi badan dan minum suplemen untuk menambah kecerdasan.. saya butuh pencerahannya terimakasih :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Pertumbuhan tinggi badan biasanya berhenti ketika lempeng pertumbuhan (lempeng efifisis) di ujung tulang menutup. Penutupan ini terjadi sekitar usia 16 tahun pada wanita atau 18 tahun pada pria. Tetapi, kadang-kadang pada sebagian orang, baru menutup pada usia sekitar 20-21 tahun. Jadi pada usia anda yang 15 tahun saat ini, masih ada kesempatan untuk bertambah tinggi.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan badan yang ideal, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Bisa juga ditambah dengan olahraga yang bersifat pembentukan seperti push up,sit up,dan angkat beban.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma
  • Memperbanyak minum air putih.

Mengenai suplemen peninggi badan, kami harap anda dapat lebih bijak memilih suplemen yang digunakan. Pastikan produk tersebut tidak mengandung zat berbahaya dan secara resmi terdaftar BPOM.  Dan akan lebih baik bila suplemen tersebut dikeluarkan berdasarkan resep dokter dan ddengan adanya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu dengan mengetahui bahan-bahan aktif yang terdapat di dalamnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar