Sukses

Pegal Dari Pinggang Sampai Telapak Kaki

04 Feb 2016, 20:17 WIB
Pria, 51 tahun.

Tubuh saya terasa pegal dari pinggang sampai telapak kaki, terutama bagian depan betis dan di bagian belakang paha. Terasa kaku otot nya kalau jari di tekuk terasa keras di otot nya saya harus ke dokter apa?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Adanya penjalaran nyeri mulai dari pinggang hingga telapak kaki bisa saja disebabkan oleh adanya penjepitan saraf tulang belakang.

Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Rasa nyeri yang Anda alami memang dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri.  Namun obat-obatan hanya dapat mengurangi gejala, namun tidak mengatasi masalah sebenanya. Anda perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab keluhan nyeri tersebut agar dapat mengatasinya.

Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja

  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar

  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang

  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.

  • Hindari olahraga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban

  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras

  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Apabila keluhan tidak membaik dengan obat yang diberikan, kami sarankan  Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis  penyakit dalam atau spesialis saraf untuk evaluasi lebih lanjut (pemeriksaan fisik dan MRI) agar mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar