Sukses

Telinga Terasa Tersumbat Setelah Dibersihkan

09 Sep 2015, 20:31 WIB
Pria, 21 tahun.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bapak/i dokter yang membalas pesan saya ini. Pertama saya ingin bertanya kepada bapak/i dokter mengapa telinga kiri saya terasa sangat sakit dan pendengaran saya serasa memendam seperti ada air yang mengendap di dalam telinga saya dan rasanya seperti berdenging setiap saat. Awalnya saya ingin membersihkan kotoran pada telinga saya menggunakan cotton bud, entah ada apa setelah saya masukan benda tersebut, saya seperti mendorong sesuatu yang ada di dalam telinga saya, lalu tiba tiba telinga saya seperti tidak mendengar namun hanya sebelah kiri saja. Lalu bagaimana saya menyembuhkan telinga saya, ini sangat mengganggu bagi saya. Tolong untuk jawabannya ya dok, terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaannya

Telinga berdenging atau dalam bahasa medis dikenal dengan "Tinitus" disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah: adanya sumbatan telinga, gangguan telinga (ketulian) akibat suara, atau kelainan pembuluh darah telinga. Pengobatannya tentu disesuaikan dengan penyebab yang mendasari tinitus. Oleh karena itu, terapi untuk anda tentu harus disesuaikan dengan kasus yang anda alami, dimana memerlukan pemeriksaan langsung.

Untuk sementara ini Tidak disarankan untuk mengorek-ngorek telinga dengan alat apapun karena ditakutkan dapat menimbulkan kerusakan pada organ telinga baik perlukaan pada liang telinga atau pecahnya gendang telinga, dan gangguan lainnya. Selaiin itu dengan tindakan tersebut bisa saja mendorong kotoran telinga yang mengeras menjadi lebih kedalam sehingga menyebabkan perburukan gejala yang Anda alami. 

Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter THT untuk pemeriksaan lebih lanjut, karena bisa jadi hal ini merupakan gejala dari kelainan yang memerlukan penangaanan medis.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar