Sukses

Khawatir Terkena Meningitis

02 Feb 2016, 14:10 WIB
Pria, 25 tahun.

Saya kplnya sakit leheer kdang terasa kaku trsa panas jg kpla saya khwatir terkna meningitis

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kekhawatiran anda tersebut perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk memastikannya.

Kami akan jelaskan lebih dahulu apa yang dimaksud dengan meningitis, penyebab, dan gejalanya. Jika yang anda alami serupa dengan demikian, maka sebaiknya periksakan diri anda kepada dokter spesialis saraf untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan –itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya. Penyebarannya umumnya melalui droplet atau percikan dari saluran pernapasan.

Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, di sana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umumnya seperti suhu tubuh yang kian tinggi.

Meningitis ini jika ditangani dengan tepat memiliki prospek yang baik ke depannya untuk pasien dapat sembuh, namun jika terlambat ditangani, kematian bisa jadi salah satu akibat yang ditimbulkan oleh meningitis. Pengobatan meningitis bergantung pada penyebabnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar