Sukses

Mengigau Pada Anak

02 Feb 2016, 14:15 WIB
Wanita, 31 tahun.

Selamat malam dok,anak saya termasuk anak yg sulit berkonsentrasi belajar,saat saya menyuruhnya untuk menghafal pelajaran harus mengulang berkali2,tp malam harinya setelah saya suruh menghafal pelajaran dlm tidurnya dia mengigau sambil teriak2,apakah anak saya ada masalah spt stress ato tertekan,dimana saya harus memeriksakannya?di klinik tumbuh kembang ato di psikolog?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai kesulitan belajar yang anak anda alami, memang sebaiknya dikonsultasikan langsung kepada psikolog atau psikiater. Namun, perlu juga diketahui bahwa Gangguan belajar bukanlah suatu cacat atau gangguan mental dan tidak merefleksikan patokan kecerdasan seorang anak.

Sedangkan Mengigau, lazim terjadi pada 50% anak-anak dan biasa lazim terjadi pada 5% pasien dewasa. Kebanyakan tidak berbahaya dan merupakan kondisi wajar dan seringkali melibatkan faktor keturunan. Namun, dapat juga berupa suatu gangguan medis yang serius, atau merupakan efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Harapan-harapan yang belum tercapai terkadang juga dapat membuat sesoranmg menjadi gelisah dan menimbulkan gejala berupa mengigau.

Bila terlalu sering dan dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri. Akan sangat membantu agar Anda memiliki jurnal tidur selama 2 minggu yang berisi pola tidur anak Anda (waktu tidur dan waktu bangun), kapan mulai mengigau, apa isinya, berapa kali dan berapa lama mengigau.  Informasi ini akan membantu dokter untuk mencari penyebab permasalahan mengigau anak Anda.

Sebagai langkah awal Anda juga dapat menanyakan secara langsung ke anak Anda. Mimpi apakah yang dapat mengganggu dirinya. Mengenai waktu tertentu proses igauan terjadi, mungin bisa ditinjau lama tidurnya. Ada kemungkinan proses igauan yang ada merupakan indikator telah habis masa istirahatnya, mengingat pembawaan setiap anak memiliki keunikan berbeda.

Yang terpenting, igauan tersebut tidak mengganggu proses istirahatnya dan mengurangi kualitas tidurnya. Jika sudah mencapai titik mengganggu, Anda dapat langsung melakukan kunjungan kepada dokter spesialis terkait.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar