Sukses

Sinusitis Berbahaya Tidak?

02 Feb 2016, 13:39 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok,saya mau naya klw sinusitis berbaya tidak?pengobatannya yang seperti apa

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi).

Penumpukan cairan dalam rongga sinus merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman. Awalnya keluhan sinusitis Anda dapat timbul sebagai respon alergi terhadap udara / cuaca dingin, kemudian timbul infeksi pada cairan sinusnya sehingga menimbulkan bau dan warna kuning kehijauan. Dalam perjalanannya, apabila tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal.  Segera periksakan kesehatan sinus anda kepada dokter spesialis THT untuk mendpatkan terapi yang optimal. Hindari suhu dingin dan faktor-faktor lain yang dapat memicu keluhan sinusitis Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar