Sukses

Kepala Bayi Belum Masuk Rongga Panggul

01 Feb 2016, 21:28 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok.. saat ini usia kandungan sya 37-38 weeks. menurut 2 dr. kandungan berbeda posisi kepala bayi blm msk rongga panggul, pendapat dr. pertama mengatakan penyebabny adalah ada ny 1 lilitan tali pusat d leher.. dr. kedua mengatakan 90% posisi kpla bayi sulit msk panggul karena posisi kpla miring cenderung k sblh kanan.. apakah caesar mnjd tindakan yg tepat ya dok? krna kami msh brharap ada ny persalinan normal. apakh ada cara yg bs sya lakukan dok spya kpla bayi bs msk k dlm rongga panggul dg baik? terima ksh sblmny atas penjelasan dr dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Biasanya, bayi mulai masuk rongga panggul pada minggu 34-36. Namun pada bayi yang belum masuk panggul masih bisa ditunggu sampai usia kehamilan 40 minggu. Induksi dilakukan bila setelah 40 minggu belum ada tanda-tanda akan melahirkan, seperti belum ada mules atau kepala bayi belum masuk pintu panggul.

Namun kepala bayi bisa saja tidak masuk sepenuhnya ke pintu panggul, hal ini disebut dengan CPD (Cephalo-Pelvic Disproportion) atau disproporsi kepala-panggul. Faktor yang mempengaruhinya ada 3, yaitu faktor panggul ibu yang sempit, faktor kepala bayi yang besar atau ukuran bayi yang besar, dan faktor plasenta yang pendek atau letaknya menutupi jalan lahir. Untuk kasus CPD ini, tidak disarankan untuk persalinan normal karena dapat membahayakan janin dan juga ibu, maka pesalinan yang dapat dipilih adalah dengan operasi caesar.

Berdiskusilah kembali kepada dokter spOG yang telah memeriksa Anda, karena tentunya beliaulah yang lbh memahami kondisi anda saat ini dan penanganan apa yang tepat untuk dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar