Sukses

Polip Hidung Kambuh

01 Feb 2016, 21:15 WIB
Pria, 57 tahun.

polip hidung saya sebelah kanan sudah dioperasi 2 x (1980 & 2008) sekarang bengkak lagi. Penciuman saya sangat lemah bahkan bisa dikatakan hilang. Oleh dokter diberikan obat semprot hidung nasonex. Pertanyaan 1. bagaimana cara memulihkan penciuman saya supaya normal kembali. 2. Berapa lama obat nasonex ini bisa digunakan untuk mengobati polip saya. Terima kasih atas jawabannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kelainan polip pada hidung biasanya timbul karena manifestasi dari penyakit yang lain dan tidak berdiri sendiri, penyakit ini sering dihubungkan dengan astma, rhinitis alergika, dan sinusitis. Pengobatan untuk mengatasi polip hidung dapat berupa terapi obat-obatan dan operasi. Terapi obat-obatan ditujukan untuk polip yang masih kecil, yaitu dengan pemberian golongan kortikosteroid sistemik yang diberikan dalam jangka waktu singkat, dapat juga diberikan kortikosteroid hidung atau kombinasi keduanya.

Tindakan lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan polip secara permanen adalah tindakan pengangkatan polip yang disebut dengan snare polypectomy dan anestesi lokal. Untuk polip yang besar dan menyebabkan melanin pada hidung, memerlukan jenis operasi yang lebih besar dan anestesi umum.

Kami menyarankan Anda untuk kembali berkonsultasi dengan Dokter Spesialis THT untuk pemeriksaan fisik lebih lengkap dan tata laksana yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar