Sukses

Khawatir Tertular HIV

08 Aug 2015, 09:26 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok sya tdi pagi mandi di kamar mandi sharing. Tmpat sikat gigi saya dket dg sikat gigi yg brdarah punya org lain. Sat sy pakai saya takut sblmny tlah mngena sikat gigi org lain tsb. Sya tdak tahu ap ad penyakit ap dri darah trsbt. Utk HIV apakah ad resiko tertular? Kemudian untuk hepatitis bagaimana? Sya harus konsul ke dokter umum atau spesialis? Jika spesialis ke bagian ap? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Beberapa cara penularan HIV adalah melalui darah, melalui cairan mani/vagina, dan dari Ibu ke Anak. Bila tidak ada kontak dengan darah (misalnya pertemuan luka dengan luka) dan tidak ada pertukaran cairan vagina/mani maka resiko untuk tertularnya HIV tidak ada.

Pada kasus yang jarang, HIV ditularkan memalui penggunaan alat mandi atau alat makan secara bersama. Namun virus HIV tidak dapat hidup lama di luar tubuh. Bila anda curiga alat mandi anda terkontaminasi darah atau cairan tubuh penderita HIV dalam jumlah kecil, maka anda perlu melihat ada tidaknya gejala HIV awal yang anda alami. Jika ada, segeralah memeriksakan diri kepada dokter terdekat. Dokter kemudian akan mengarahkan pemeriksaaan apa saja yang perlu anda lakukan untuk melihat kemungkinan anda tertular HIV atau Tidak.

Kami sertakan artikel terkait berikut;

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar