Sukses

Keluhan Miss V

01 Aug 2015, 10:57 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya,apakah memakai crystal-x itu bagus untuk keluhan masalah miss v? Mohon saran dan penjelasannya. Trimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Keluhan apakah yang Anda alami saat ini? Perlu diketahui juga bahwa vagina secara normal mengeluarkan lendir yang sering disebut keputihan. Keputihan yang wajar adalah yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak banyak. Namun, jika keputihan menjadi tidak wajar, yaitu berwarna (putih susu, kekuningan, atau bahkan hijau), tercium bau dan banyak mengeluarkan lendir, sebaiknya Anda mengonsultasikan diri ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mengetahui penyebab jelasnya.
 
Pada dasarnya, membersihkan  vagina dengan menggunakan air bersih saja sudah cukup, karena vagina memiliki mekanisme sendiri untuk pembersihan. Anda dapat membersihkan bagian luar vulva yang berambut dengan air dan sabun tanpa pewangi, namun untuk bagian vagina cukup dengan air bersih saja. Hal ini dilakukan juga untuk mencegah iritasi dan alergi oleh karena penggunaan benda asing.

Mengenai penggunaan Crystal X, hingga saat ini belum terdapat penelitian medis yang membuktikan keamanan, manfaat, efek produk Crystal X yang disebut sebagai produk pembersih vagina. Namun memang produk tersebut telah terdaftar di BPOM sebagai sabun yang aman digunakan secara external (pemakaian luar). Untuk penggunaan di dalam vagina hingga saat ini belum terdapat penelitian yang mendukung keamanannya. 

Berikut artikel seputar kesehatan kewanitaan untuk referensi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar