Sukses

Penularan Penyakit Leptospirosis

08 Aug 2015, 09:42 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok , kemarin saya tidak sengaja menginjak entah cairan apa berwarna kuning yang saya duga kencing tikus , apa yang haru saya lakukan dok untuk mencegah dari bahaya penyakit leptospirosis ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Leptospirosis adalah penyakit manusia dan hewan yang disebabkan infeksi bakteri leptospira yang terdapat di dalam air seni hewan yang terinfeksi. Kuman ini hidup dan berkembang biak di tubuh hewan. Kasus penyakit ini banyak timbul pada musim hujan, terutama pada daerah yang terkena banjir.

Penularan penyakit ini terjadi bila terdapat luka terbuka pada bagian tubuh yang terpapar air seni yang terinfeksi tersebut.

Orang yang terinfeksi bakteri leptospira umumnya akan merasakan gejala demam, yang dapat bertahan 1 sampai 2 minggu, bentuk berat penyakit ini dikenal dengan sebutan Weil’s disease, dimana bakteri merajarela menginfeksi tubuh kita dan dapat mengakibatkan kekuningan pada tubuh, cedera ginjal, sampai kepada peradangan otot jantung.

Jika anda merasakan adanya gejala awal dari penyakit ini, maka segerelah memeriksakan diri kepada dokter terdekat.  Mungkin saja dokter anda akan menyaranan beberapa jenis pemeriksaan sebagai penunjang untuk menegakkan diagnosis leptospirosis ini.

Adapun  pemeriksaan tambahan yang dilakukan meliputi:

  • Pemeriksaan urin lengkap
  • Pemeriksaan biakan kuman dari sampel darah dan urin pasien.

Jika sudah terbukti anda tertular penyakit ini, Pengobatan leptospirosis dilakukan dengan mengeradikasi (membasmi) bakteri di dalam tubuh menggunakan antibiotik. Penyakit ini dapat diobati dengan pemberian antibiotika golongan penicillin, streptomycine, chloramphenicol dan erythromycine. Gejala lain dapat diberikan obat sesuai dengan gejalanya. Jika diobati selagi masih dini, prognosis leptospirosis umumnya baik.

Apabila sudah terpapar, maka akan sulit untuk mencegah timbulnya penyakit. Untuk itu, dalam tindakan pencegahan, harus dilakukan sedari awal, yaitu; sebelum banjir melanda, peliharalah kebersihan di rumah Anda, jangan berikan tempat yang nyaman untuk si tikus tinggal dan beranak pinak.

Kami sertakan juga artikel terkait yang dapat menambah wawasan Anda;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar