Sukses

Obat Nyeri perut dan diare?

01 Feb 2016, 19:55 WIB
Wanita, 39 tahun.

Jika terasa perih, mual pada di perut ( atas pusat ) disertai BAB berbentuk cairan dalam kurun 5 jam BAB 5 kali. Sebaiknya diberikan obat apa ya Dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda saat ini adalah nyeri perut dan feses cair. Saat ini kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan, namun belum dapat dipastikan bahwa hal tersebut diare.

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya inflamatory bowel disease. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan.

Untuk saat ini kami sarankan Anda banyak minum air untuk mencegah dehidrasi yang dapat terjadi karena banyaknya cairan yang keluar selama diare berlangsung. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan.

Penyebab diare dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh:

  • virus (paling sering)
  • bakteri
  • infeksi parasit
  • obat-obatan (kafein, alkohol)
  • penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)
  • laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)
  • pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

Gejala yang menyertai diare dapat berupa mual dan muntah, yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi bakteri atau parasit biasanya menyebabkan buang air besar yang berdarah dan juga terjadi demam.

Mengingat terdapat beberapa organ di dalam rongga perut, yaitu usus, lambung, liver/hatim limpa dan ginjal, maka sulit bagi kami untuk menentukan penyebab nyeri tanpa melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Kami sarankan segera periksakan diri Anda ke Dokter untuk mendapatkan diagnosa dan terapi yang tepat.

Berikut adalah beberapa artikel untuk menambah pengetahuan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar