Sukses

Bintik Kasar Pada Wajah

31 Jan 2016, 21:17 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter, sebulan terakhir ini kulit wajah saya bermasalah. Tiba-tiba muncul bintik-bintik di sekitar area pipi kiri dan kanan saya. Kalau dilihat sekilas tidak terlalu jelas karena tidak berwarna kemerahan melainkan sewarna dengan kulit. Akan tetapi bila diraba terasa kasar. Saya tidak menggunakan produk perawatan kulit khusus dan saya menggunakan produk perawatan yang biasanya selama ini saya gunakan. Tipe kulit saya berminyak namun, memang akhir-akhir ini kandungan minyak pada kulit saya cenderung berkurang sehingga saya tidak terlalu sering mencuci wajah saya menggunakan sabun lagi. Pola makan dan minum yang saya terapkan juga tidak ada perubahan. Saya harap dokter dapat memberikan solusi yang tepat bagi masalah kulit wajah saya ini. Terimakasih banyak atas perhatiannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun untuk menentukan diagnosa penyakit kulit dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat ujud kelainan kulit. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Saat ini, kami menduga yang anda alami merupakan Komedo. Komedo adalah penyumbatan pori-pori pada kulit dan menimbulkan titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Hal ini seringkali dialami oleh remaja yang menginjak masa pubertas.

Komedo terjadi karena terdapatnya produksi berlebihan dari kelenjar minyak (sebum), kemudiannya karena berlebihan sebum itulah akhirnya menjadi penyumbatan di pori-pori.

Terdapat 2 jenis komedo:

  • Komedo terbuka atau yang lebih dikenal dengan blackheads
  • Komedo tertutup atau yang lebih dikenal dengan whiteheads

Jika Anda melihat adanya bintik-bintik kehitaman atau putih pada wajah, hati-hati bisa jadi ini adalah komedo. Komedo sendiri juga dapat menjadi cikal bakal timbulnya jerawat. Berikut beberapa cara penanganan komedo:

1. Krim & Lotion Acne

Jerawat atau komedo dapat ditangani sendiri di rumah dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas seperti krim atau lotion acne.

2. Ekstraksi Komedo

Selain itu tindakan lain yang biasanya dilakukan adalah:

  • ekstraksi komedo / jerawat dengan alat ekstraktor,
  • pemberian krim,
  • pemberian antibiotik,
  • pemberian steroid,
  • photodynamic therapy,
  • atau bisa juga dengan tindakan laser.

Sebelum melakukan tindakan-tindakan tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar