Sukses

Penis Tidak Dapat Menembus Vagina Istri

31 Jan 2016, 15:12 WIB
Pria, 32 tahun.

siang dokter, saya baru menikah 1,5 bulan, namun mempunyai masalah untuk hubungan intim dengan istri. Kelamin saya tidak dapat masuk kedalam kelamin istri saya, sudah 'diarahkan', namun kelamin saya tetap tidak bisa 'menerobos' masuk. seperti terpentok dan terbuang kearah lain. namun apabila saya menggunakan jari (2 jari), jari tersebut dapat masuk kedalam kelamin istri saya. kira-kira adakah hal yang sebaiknya dilakukan dok.? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelumnya kami perlu menanyakan, apakah hal tersebut terjadi pada setiap kali anda berhubungan intim? apakah sebelumnya telah melakukan 'pemanasan' atau foreplay yang cukup? apakah pasangan anda tegang, atau merasakan kesakitan saat berhubungan intim?

Suatu kondisi yang menyebabkan ketidakmampuan vagina seorang wanita untuk menerima penetrasi (masuknya) penis saat berhubungan seksual dapat dikenal sebagai vaginismus. Vaginismus dapat terjadi karena adanya ketegangan pada otot sepertiga bagian bawah vagina. Menegangnya otot tersebut terjadi tanpa disadari oleh wanita tersebut.

Terdapat 2 jenis vaginsismus, yaitu:

  1. Vaginismus primer : yaitu vaginismus yang terjadi sejak awal wanita tersebut melakukan hubungan seksual. Wanita dengan vaginismus primer tidak pernah mengalami hubungan seksual tanpa rasa sakit. Biasanya terjadi pada remaja atau wanita yang berhubungan seksual di awal usia 20 tahunan.  Beberapa faktor yang berperan dalam menyebabkan vaginismus primer, yaitu :

  • infeksi saluran kemih atau infeksi vagina oleh jamur
  • Riwayat mengalami sexual abuse, diperkosa, dll
  • Riwayat mengalami kekerasan rumah tangga
  • Adanya pemikiran bahwa berhubungan seksual merupakan hal yang salah dan vulgar.
  • Adanya rasa takut sakit saat melakukan hubungan seksual.
  • Adanya riwayat trauma fisik
  • Adanya rasa cemas berlebihan
  • idiopatik (tidak diketahui penyebabnya)
  1. Vaginismus sekunder : terjadi jika sebelumnya wanita tersebut pernah menjalani suatu hubungan seksual tanpa rasa sakit, namun baru akhir-akhir ini mengalami rasa sakit saat dilakukan penetrasi ke dalam vagina. Hal ini dapat disebabkan oleh :

  • infeksi jamur
  • trauma jalan lahir saat melahirkan
  • adanya masalah psikologis

Kami menyarankan agar istri anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter spOG, untuk memastikan penyebab kondisi yang terjadi, sehingga dapat diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar