Sukses

Sering Nyeri perut Bawah Kanan

30 Jan 2016, 19:19 WIB
Wanita, 39 tahun.

Sering nyeri diperut bawah kanan. kaki kiri sering nyeri dan sakit baik itu di tulang kering atau di lutut dan sakit untuk bangkit dari duduk atau jongkok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, usus, hingga organ reproduksi perempuan. Dari beberapa organ tersebut, penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis) atau gangguan pada organ reproduksi perempuan. Oleh sebab itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

  1. "Sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut?"
  2. "Bagaimanakah gambaran nyerinya?"
  3. "Adakah saat-saat tertentu di mana nyeri timbul, memburuk, atau membaik?"
  4. "Adakah keluhan lain yang menyertai seperti demam, mual, muntah, keluhan buang air besar, dsb?"
  5. "Apakah selama ini Anda mengalami keluhan pada siklus haid Anda, seperti nyeri haid, siklus haid tidak teratur, dsb?"

Mengingat keterbatasan kami dalam mengumpulkan informasi dan melakukan pemeriksaan fisis pada Anda, saat ini kami masih belum dapat menentukan penyebab pasti dari keluhan nyeri yang Anda rasakan. Namun nyeri perut pada appendisitis umumnya disertai keluhan pencernaan dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisis. Begitu pula dengan gangguan siklus haid pada penyakit organ reproduksi perempuan. Saran kami sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter keluarga Anda terlebih dahulu untuk menentukan kemungkinan penyebabnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar