Sukses

Ingatan Semakin Melemah

30 Jan 2016, 19:01 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, kenapa ingatan saya makin lama seperti makin melemah ya, contohnya saya sering pikun-pikunan. Dalam artian fokus saya ini tidak terlalu baik, contoh ketika saya disuruh belanja padahal sy sudah menghafal barang belanjaan semua, tapi ketika sudah di supermarket hafalan sy jadi hilang. Ini juga berdampak pada sekolah saya, dimana dalam menghafal rumus dalam tes lebih banyak tidak hafalnya, alhasil sy lupa semua rumus2 saat tes, tapi temen2 saya biasa aja ngafalnya cepet. Kalo ada saran bisa bantu sy slesaikan ini semua dok... terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.com,

Sering lupa merupakan kondisi yang kerap kali ditemui dan belum tentu suatu hal yang perlu dikhawatirkan.

Pada usia Anda yang masih muda, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat :

  • Coba latih otak Anda tetap aktif dengan melakukan latihan yang mengasah otak seperti mengisi teka-teki silang, bermain scrable, puzzle, menulis, berlatih musik, dll.

  • Latihan mengingat. Cobalah ingat dan sebutkan beberapa kali nama orang setelah perkenalan atau cobalah mengingat angka.

  • Fokuskan perhatian. Terlalu banyak yang dipikirkan atau melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu (multi-tasking) dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan tidak fokus. Cobalah fokus dan kerjakan satu persatu untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Makan makanan yang tinggi antioksidan, zat besi, dan rendah lemak. Kekurangan zat besi/ anemia defisiensi besi dapat menyebabkan penurunan kognitif /kecerdasan. Namun konsumsi zat besi harus hati-hati, jika kelebihan justru akan meningkatkan risiko alzheimer's.

  • Olahraga teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk otak.

  • Istriahat cukup. Saat tidur, terjadi proses konsolidasi memori pada otak. Kurang tidur akan menyebabkan gangguan memori dan kehilangan konsentrasi.

  • Hindari stres. Stres dapat mengganggu proses pembentukan memori.

  • Berhenti merokok! Rokok dapat meningkatkan risiko demensia dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Buatlah agenda yang berisi jadwal/janji penting dan apa saja yang akan Anda lakukan agar Anda tidak lupa.

Untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Saraf.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar