Sukses

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Luka

05 Sep 2015, 09:18 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, Bagaiman ya cara menghilangkan noda hitam bekas luka koreng,jerawat,bisul dll pada kulit? Dan apakah saya kemungkinan mengidap diabetes karena setiap luka atau benjolan sekecil pun yang ada pada kulit saya tidak mudah sembuh dan selalu meninggalkan bekas luka yang permanen. Mohon solusinya ya Dok Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. 

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah luka tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi.

Mengenai kemungkinan menderita penyakit diabetes, tidak dapat kami simpulkan jika hanya dari informasi tersebut. Diperlukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan penyakit diabetes, yang paling sederhana selain dari kumpulan gejala adalah dengan memastikannya menggunakan pemeriksaan kadar gula darah (baik puasa maupun gula darah sewaktu). Untuk itu, sebaiknya anda langsung memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar