Sukses

Ukuran Gigi Kecil
25 Sep 2015, 11:29 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok saya ada kendala sama ukuran gigi saya,saya merasa ukuran gigi saya kecil, makin ke ujung makin kecil tetapi rata dok, setiap saya tertawa lebih cendrung gusi saya yang terlihat, saya merasa tidak bisa tertawa dengan lepas dok? terima kasih dok sebelumnya

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum membahas lebih lanjut kami akan menjelaskan pada Anda bahwa saran yang diberikan bagi kasus Anda ini adalah asumsi berdasarkan pemaparan yang diberikan mengenai keadaan gigi Anda. Kondisi yang Anda alami ini dapat merupakan suatu keadaan yang disebut microdontia. Microdontia adalah gigi yang memiliki ukuran lebih kecil dari normal. Microdontia lokal yang hanya mengenai satu atau beberapa gigi lebih sering ditemui daripada yang mengenai seluruh gigi. Kelainan ini lebih sering terjadi pada gigi-gigi permanen dibandingkan gigi-gigi sulung. Selain itu juga lebih sering terjadi pada perempuan dari pada laki-laki. Microdontia lebih sering terjadi pada gigi insisif dua rahang atas dan gigi molar tiga rahang atas.

Perawatan microdontia biasanya meliputi pemberian restorasi estetik untuk memperbaiki bentuk dan ukuran gigi, misalnya dengan pemasangan mahkota tiruan (crown) atau dengan penambalan. Juga bisa dilakukan perawatan orthodonti (pemakaian kawat gigi) untuk merapatkan ruangan antar gigi-geligi bila diperlukan.  Lakukan konsultasi dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan yang sesuai bila gigi Anda memiliki kelainan ini.

Demikian informasi yang dapat kemi berikan semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar