Sukses

Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi

27 Jan 2016, 19:47 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok,, saya mau nanya Cara mengobati penyakit amandel gmna ya dok ? Tanpa operasi

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya, kami perlu menjelaskan sekilas mengenai amandel. Amandel atau tonsil (istilah medis) merupakan salah satu jaringan limfoid yang berlokasi di mulut atau di kedua sisi dari faring. Fungsi dari tonsil adalah melawan virus dan bakteri yang masuk melalui tenggorokan dengan cara membantu tubuh memproduksi sel-sel limfosit untuk membantu melawan infeksi. Tonsil akan membesar manakala sedang terjadi proses peradangan atau infeksi, akibatnya nafsu makan juga ikut menurun karena gejala nyeri menelan.

Radang tonsil tidak selalu diatasi dengan operasi. Radang yang disebabkan oleh virus akan menghilang dengan sendirinya. Anda dapat mengurangi nyeri pada tenggorok dengan berkumur-kumur dengan air garam ataupun minum teh hangat. Radang yang disebabkan oleh bakteri akan memerlukan pemberian antibiotik. Apabila amandel atau tonsil mengecil dengan obat-obatan maka tidak akan menjadi masalah karena ia merupakan salah satu pertahanan tubuh yang akan membesar saat terjadi infeksi dan mengecil apabila infeksinya hilang. Jadi tidak semua radang tonsil harus dioperasi. 

Namun apabila tonsil terus membesar dan menutup jalan napas maka sebaiknya tidak terus dibiarkan karena berbahaya. Operasi tonsil (tonsilektomi) dilakukan apabila sesuai dengan indikasinya, antara lain:

  1. Hipertrofi atau pembesaran tonsil yang sudah menutup dan menyebabkan sumbatan jalan napas. Gejalanya diantaranya adalah obstructive sleep apnea yaitu kondisi berhentinya bernapas secara tiba-tiba kala sedang tidur karena pembesaran tonsil, atau mendengkur (mengorok) saat tidur.

  2. Radang pada tonsil yang berulang karena infeksi atau serangan tonsilitis 4-5 kali atau lebih dalam 1 tahun dengan terapi yang adekuat.

  3. Tonsil mengandung kripta-kripta atau mengalami abses peritonsilar (penumpukan nanah di sekitar tonsil).

  4. Sulit menelan akibat tonsil yang sangat besar dengan kripta.

Secara umum, agar terhindar dari infeksi, maka Anda perlu menjaga daya tahan tubuh, rajin menjaga kebersihan mulut dan gigi, menjaga nutrisi dan asupan makan yang seimbang dan teratur, serta konsumsi air mineral yang cukup untuk melancarkan metabolisme dan membersihkan rongga mulut Anda. Jika terdapat keluhan yang memberat atau keluhan yang memenuhi kriteria di atas, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter agar didapatkan pengobatan optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar