Sukses

Bercak putih Pada Kening

10 Aug 2015, 09:36 WIB
Wanita, 0 tahun.

Halo dokter. Saya ingin bertanya. Dibagian kening (jidat) sebelah kanan saya ada bercak berwarna putih. Saya sudah memeriksakannya ke dokter spesialis kulit, beliau bilang ini mungkin saja disebabkan oleh bakteri atau kuman, beliau juga memberikan salf bernama Protopic tacrolimus ointment 0.1%. Hingga saat ini sudah hampir 2 bulan, ukuran bercaknya menjadi mengecil, namun masih tetap ada. Selain itu dikepala bagian rambut saya melihat kulit kepala menjadi berwarna putih, apakah ini artinya menjalar? Mohon masukan dan tanggapannya. Terima kasih dokter atas bantuannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bercak putih yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit).

Kami tidak dapat memastikan apakah telah terjadi penjalaran bercak tubuh tersebut jika belum mengetahui penyebabnya. Hipopigmentasi yang disertai dengan sisik-sisik halus mengelupas dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit
  • pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu
  • pitiriasis alba
  • lepra

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya hipopigmentasi pada diri Anda, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi ke dokter spesialis kulit kelamin anda. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya.

Hal ini juga ditujukan agar dokter yang sebelumnya menangani anda dapat kembali memeriksa keadaan anda untuk evaluasi perjalan penyakit dan respon terapi yang telah diberikan. Dengan begitu, penanganan yang diberikan kepada anda dapat menjadi berkesinambungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar