Sukses

Gastritis Kronis

05 Aug 2015, 16:12 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok,saya ada riwayat magg sudah kronis kata dokter bedah saya,saya pernah oprasi kista 2011 lalu,dan magg saya smakin hari tmbah sakit saja,nafsu makan hilang,sering merasa kenyang,penuh,mual muntah,nyeri ulu hati,susah buang air besar,dan sering perih ,obat magg sudah rutin diminum,bahkan dokter memberi saya obat 'braxidine',sudah lama tidak periksa,obat apalagi yg harus saya minum?adakah cara alami menghilangkan gejala itu,sering setres juga kalo kambuh,,trimakasih dok.....

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sakit maag yang anda rasakan di dalam terminologi kedokteran dikenal dengan gastritis / peradangan pada lambung. Karena gastritis ini sudah berlangsung lama maka disebut dengan gastritis kronik.

Penyebab dari gastritis ini diantaranya adalah :

  • penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang
  • infeksi Helicobacter pylori
  • refluks cairan pankreas dalam lambung

selain hal di atas, stress juga dapat memicu dan memperparah maag Anda. sehingga sebaiknya bagi penderita maag adalah untuk menghindari stress.

Pengobatan / terapi yang dilakukan disesuaikan dengan penyebabnya. Antibiotik digunakan apabila penyebabnya adalah bakteri. Apabila penyebabnya adalah obat-obatan /alkohol maka pemakaian sebaiknya dihentikan. Obat pengurang asam lambung seperti antasid, ranitidin, PPI dapat digunakan untuk mengurangi gejala.

Pencegahan gejala adalah menghindari segala macam pencetus yang menyebabkan maag anda kambuh. Seperti telat makan, makan-makanan pedas/asam, stress, kopi, dan lain-lain.

Endoskopi dapat dilakukan apabila nyeri tidak juga berkurang dengan obat-obatan atau terus menerus kambuh. Alasan lain adalah kecurigaan terdapatnya perlukaan lambung atau disebut dengan ulkus gaster. Namun untuk mengambil keputusan endoskopi harus dikonsultasikan terlabih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter yang merawat anda. Sekian, semoga membantu. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar