Sukses

Cara Minum Kontrasepsi Darurat dan Penyebab Keluar Flek

06 Aug 2015, 08:05 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat pagi dok wanita baru melahirkan 4 bulan yang lalu. saya dan suami belum memutuskan untuk memakai KB. selama ini hanya mengatur jadwal dan juga memakai kondom.tgl haid pertama terakhir saya tgl 20 juli 2015. pada tgl 30 pagi saya berhubungan dan suami tidak pakai kondom dan lupa keluar didalam. malamnya saya minum kondar 2 sekaligus. kmrn tgl 14 juli saya berhubungan lagi namun kondom suami robek karena takut hamil lagi saya minum kondar kembali namun dengan cara meminum tgl 14 juli pukul 17.20 satu tablet dan satu tablet 12 jam setelahnya yaitu pukul 5.20. kemudian kmrn pagi (15 juli) keluar flek coklat tua tapi tadi sore sampai pagi ini. yg saya tanyakan sebenarnya cara minum kondar yg benar yg mana, yg pertama yaitu sekaligus 2 atau 1 tablet dan 1 tablet setelah 12 jam? kemudian flek coklat ini apakah efek dari kondar yg saya konsumsi atau tanda2 hamil? dan klo memang terjadi kehamilan kapan saya bisa memastikan? terimakasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kontrasepsi darurat (kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan segera setelah berhubungan seksual), hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Jika menggunakan pil kombinasi dan minipil, harus diulangi untuk dosis kedua 12 jam kemudian. Jika menggunakan pil estrogen juga dimulai dalam waktu 3 hari pascasenggama dan diteruskan selama 5 hari. Sedangkan jika menggunakan mifepriston, hanya diperlukan 1 kali dosis dalam 3 hari pascasenggama.

Kontraspsi darurat tidak dianjurkan sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan jika mengalami tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual, dan tanda lainnya.

Sedangkan Keluhan flek-flek yang  Anda alami disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi pada alat kelamin

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Selain itu flek-flek coklat yang terjadi pada Anda juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual. Untuk itu, kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar